Senin, 23 November 2015

tips cara memelihara ular bagi pemula

Ular merupakan hewan reptil yang sangat banyak jenisnya di dunia ini, dan setiap jenis ular juga memiliki kelebihan masing-masing. Seperti ular king cobra yang memiliki bisa yang sangat mematikan juga ada ular dengan kekuatan penghancur yang sanat kuat yaitu ular phyton. Walupun ular terbilang seram namun ular juga bisa menjadi sangat lebut jika di pelihara dan di beri kasih sayang yang lebih. Banayk pecinta binatang yang memelihara ular dan menjadikan ular seperti sahabatnya, ular tidak seperti anjing atau kucing yang dapat di ajak bermain ular cenderung diam dan bergerak kesana-kemari dan tidak terlalau memperdulikan sekelilingnya.

memelihara ular, cara memelihara ular, beternak ular, foto ular
GAMBAR : ULAR (sumber: wikipedia)

Untuk mendapatkan ular atau membeli ular anda dapat membelinya di petshop terdekat di kota anda, saya menyarankan untuk memelihara ular yang tidak berbahaya dan tidak memiliki bisa beracun seperti ular pyton ular sawah dll karena ular ini tidak terlalau berbahaya. Harga dari ular sendiri pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenis ular semakin cantik ular tersebut maka harganyapun semakin mahal. Tertarik memelihara hewan yang satu ini? jika anda tertarik maka ikutilah tips dan cara seputar memelihara ular di bawah ini :
1. Belilah peralatan yang anda butuhkan dalam memelihara ular, seperti kandang atau akuarium, makanan ular dan juga peralatan lain seperti aksesoris yang di butuhkan agar mudah perawatannya. Anda dapat membelinya di petshop terdekat agar lebih mudah dan tidak susah dalam mencarinya.

2. Di dalam kandang ular desain sedemikian rupa dan usahakan di dalm kandang ular selalu lembab dan tidak panas karena di habitat aslinya ular menyukai daerah yang lembab. Untuk membuat daerah di sekitar kandang ular terlihat lembab anda dapat meletakkan air di dalam kandang ular dan membasahi badan ular ketika cuaca terik.

3. Jangan terlalu sering memberi makan ular, dalam perawatan ular jangan terlalu sering memberi makan ular atau setiap hari karena pada saat ular makan sesuatu seperti tikus atau hewan lainnya makanan di dalam perut ular akan di cerna berlahan dan memakan waktu sekitar 3 hari. Kita dapat memberi makan ular ketika perut ular tidak membuncit lagi, anda dapat memberi ulara tikus hidup atau mati sebagai makanan utama ular.

4. Berilah ruang udara di dlam kandang ular hal ini penting agar suhu di dalam kandang ular tidak panas dan menyebabkan ular tidak betah di dalam kandang. Anda bisa membuat sebuah lubang kecil di sekitar kandang ular namun jangan sampai lubang lebih besar dari badan ular agar ular tidak dapat kabur melalui lubang tersebut.

5. Bersihkan kandang ular secara teratur agar kandang ular tidak berbau menyengat dan tentunya membuat ular nyaman di dalm kandang, jangan sampai kandang ular anda terlihat kotor dan berantakan juga berbau. Bau pada kandang ular dapat di sebabkan oleh kotoran ular dan juga air seni dari ular tersebut, anda dapat membersihkan kandang ular seminggu sekali secara teratur.

6. Ular juga akan berganti kulit setiap 3 – 4 bulan ketika ular akan berganti kulit sebaiknya di sekitar gandang ular anda dapat meletakkan bebatuak seperti kerikil untuk membantu proses pergantian kulit ular atau anda dapat membantu ular berganti kulit dengan bantuan kuku anda. Namun pada saat melakuan hal tersebut anda harus berhati-hati jangan sampai hal tersebut melukai ular kesayangan anda.

7. Ketika ular sakit sebaiknya bawalah ular ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan dan pengobatan karena jika di biarkan ular bisa saja meninggal.

8. Seringlah bermain dengan ular dengan sering bermain dengan ular akan membuat ular semakain akrab denagn anda dan menjadikan ular terbiasa akan sentuhan manusia. Hal tersebut juga membantu dalam proses penjinakan ular, anda dapat mengelus-ulus kepala ular dan juga bermain dengan ular namun harus bersikap lembut dan jangan sampai melukai ular kesayangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar